Pages

Sunday, May 25, 2014

Penjelasan dan Pengertian Peralatan Standar pada Corel Draw x4



Tampilan Standar Corel Draw X4
Berikut merupakan menu-menu standar yang berada dalam Corel Draw X4 :

1.       Menu Bar

Menu bar merupakan menu dimana kita dapat mengatur keseluruhan file dan memungkinkan kita untuk merubah tampilan dan lain-lain. Dan berikut merupakan penjelasan dari setiap menunya :
a.       File
Menu file biasa digunakan untuk membuka lembar kerja yang baru (new), menyimpan data (save), membuka data (open), mencetak gambar yang telah kita buat (print), mengimport data atau memasukkan file gambar kedalam corel draw (import), dan menyimpan data dengan format yang berbeda baik itu berupa .JPG, .GIF, dll (export).
b.      Edit
Meni edit biasa digunakan untuk mengatur object gambar yang telah kita buat dalam corel draw seperti penggunaan copy, paste, cut, pengaturan line, dll.
c.       View
Menu view biasa digunakan untuk mengatur tampilan yang ada pada halaman corel draw.
d.      Layout
Menu layout merupakan menu dimana kita dapat mengatur page atau halaman pada file data yang telah kita buat.
e.      Arrange
Menu arrange merupakan menu dimana kita dapat mengatur dan menyusun posisi dan bentuk dari object gambar yang telah kita buat, baik itu dari segi posisi (position), rotate atau memutar object sesuai dengan keinginan kita (rotate), mengatur ukuran berdasarkan skala object benda (scale), mengatur ukuran benda sesuai dengan keinginan kita (size), dan mengatur derajat benda yang kita inginkan (skew). Selain itu, menu ini juga berisi fasilitas-fasilitas yang memungkinkan kita untuk mengatur status object, baik itu dijadikan suatu grup (group) ataupun mengembalikannya menjadi satuan kembali (ungroup), dan mengkombinasikan beberapa object menjadi satu.
f.        Effect
Menu effect menyediakan berbagai macam efek yang dapat kita gunakan untuk mengkreasikan object benda yang telah kita buat.
g.       Bitmaps
Menu bitmaps merupakan menu dimana kita dapat merubah format gambar yang telah kita buat (vector) menjadi format bitmaps.
h.      Text
Menu text merupakan menu yang memungkinkan kita untuk membuat suatu object teks dan mengaturnya sesuai dengan ukuran, jenis font, dan warna yang kita inginkan.
i.         Table
Menu table merupakan menu yang memungkinkan kita untuk menyisipkan suatu tabel ke dalam halaman corel draw kita.
j.        Tools
Menu tools merupakan menu yang memungkinkan kita untuk mengatur peralatan apa saja yang kita butuhkan dan peralatan yang tidak kita butuhkan untuk ditampilkan atau tidak ditampilkan ke dalam layar halaman corel draw anda.
k.       Window
Menu window digunakan untuk membantu kita menyeleksi menu-menu apa saja yang akan ditambahkan dan dikurangi dari tampilan menu yang ada di dalam layar halaman corel draw kita.
l.         Help
Menu help dapat kita gunakan bila kita memiliki kesulitan dan masalah dalam pengerjaan pekerjaan yang akan anda buat.
2.       Property Bar

Property bar merupakan batang menu yang memungkinkan kita untuk mengatur ukuran kertas, dan keterangan lainnya mengenai kertas yang akan kita gunakan nanti untuk mencetak data yang telah kita buat. Selain itu, property bar juga akan berubah tampilan menjadi seperti gambar di bawah ini apabila kita telah mengklik ataupun menyeleksi object data yang kita gambar :
dan otomatis property bar pun akan berubah fungsi menjadi menu yang dapat kita gunakan untuk mengatur berbagai macam hal mengenai object gambar yang telah kita buat.
3.       Ruller
Peralatan ruller merupakan suatu peralatan yang sangat penting bagi kita yang akan membuat object gambar yang teratur dan terperinci secara ukuran, karena ruller juga membantu kita sebagai patokan untuk membuat gambar yang perspektif.
4.       Tool Box
Tool box merupakan menu yang dapat kita gunakan untuk mengkreasikan suatu object, berikut merupakan keterangannya :
a.       Pick tool
Pick tool merupakan peralatan yang membantu kita untuk menyeleksi dan memindahkan object yang ingin kita pindahkan.
b.      Shape tool
Shape tool merupakan peralatan yang memudahkan kita untuk mengatur bentuk object sesuai dengan keinginan kita.
c.       Crop tool
Crop tool merupakan peralatan yang memudahkan kita untuk memotong gambar maupun object yang telah kita import ataupun telah kita buat menjadi potongan yang sesuai dengan keinginan kita.
d.      Zoom tool
Zoom tool merupakan suatu peralatan yang memudahkan kita untuk memperbesar ataupun memperkecil tampilan pada halaman corel draw kita.
e.      Freehand tool
Freehand tool merupakan peralatan yang memudahkan kita untuk membuat suatu object benda sesuai dengan bentuk yang kita inginkan.
f.        Smart fill tool
Smart fill tool merupakan suatu peralatan yang bisa kita gunakan untuk memberikan warna pada object yang kita klik sesuai dengan warna yang telah kita pilih sebelumnya.
g.       Rectangle tool
Rectangle tool merupakan suatu peralatan yang membantu kita untuk membuat suatu object kotak maupun persegi panjang. Contohnya :

h.      Ellipse tool
Ellipse tool merupakan suatu peralatan yang membantu kita untuk membuat suatu object bulat atau lingkaran. Contohnya :
i.         Polygon tool
Polygon tool merupakan suatu peralatan yang membantu kita untuk membuat suatu object yang memiliki segi, baik itu segitiga, segi lima, dll. Contohnya :
j.        Text tool
Text tool merupakan suatu peralatan yang memungkinkan kita untuk menulikskan object teks berdasarkan jenis font, ukuran font, dan warna font yang kita inginkan. Contohnya :
Miraz Pringgadana Setiawan
k.       Table tool
Table tool merupakan suatu peralatan yang dapat kita gunakan untuk menyisipkan tabel.
l.         Interactive tool
Terdapat 7 peralatan yang dapat kita gunakan dalam interactive tool, yaitu :
-          Blend : memberikan efek penggabungan antara dua object menjadi satu, contoh :

-          Contour : memberikan efek berlapis pada object
-          Distort : membantu kita untuk menemukan bentuk baru dari object yang telah kita buat

-          Drop Shadow : memberikan efek bayangan dari object yang telah kita buat

-       Envelope : membantu kita untuk mengolah bentuk object yang telah kita buat menjadi bentuk yang baru

-          Extrude : memberikan efek 3D pada gambar yang telah kita buat

-          Transparency : memberikan efek transparansi pada object yang kita inginkan
m.    Eyedropper tool
Eyedropper tool merupakan peralatan dimana kita dapat mengambil warna yang telah kita gunakan sebelumnya menjadi warna yang dapat kita simpan di pallete dan menggunakannya pada object lain.
n.      Outline
Outline merupakan suatu peralatan yang dapat kita gunakan untuk membuat suatu object baru berdasarkan garis-garis yang kita buat sendiri.
o.      Fill
Fill merupakan peralatan yang bisa kita gunakan untuk memberikan warna kepada object yang telah kita buat sebelumnya.
p.      Interactive fill tool
Interactive fill tool merupakan peralatan yang dapat kita gunakan untuk memberikan warna seperti “black to white” atau “red to blue” kepada objek yang telah kita buat.
5.       Color Pallete
Color pallete merupakan peralatan corel yang memungkinkan kita untuk memberikan warna pada object yang telah kita buat sesuai dengan yang kita inginkan.
6.       Outline Flyout
Outline flyout merupakan perlalatan pada corel draw yang membantu kita untuk mengatur garis pada object yang telah kita buat (outline) baik itu dari ketebalan, style, dan warna outline yang kita pilih.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates